Search
Monday 19 June 2017
  • :
  • :

5 Cara Menciptakan Foto Produk yang Berkualitas





fotografi, fotografi produk, foto produk, fotografi dalam branding, foto produk dalam periklanan, foto produk untuk promosi, tips menciptakan foto produk yang baik dan menarik, gambaran dimesi foro produk, pencahayaan dalam foto produk, ketrampilan editing foto produk, cara membuat foto produk yang berkualitas

Fotografi adalah seni mengambil gambar dan cahaya menggunakan kamera. Pada dasarnya, fotografi adalah media komunikasi yang menghubungkan antara fotografer dengan penikmat foto (audiens). Peran fotografi dalam dunia branding, sangat penting untuk memvisualisasikan sebuah produk dalam melakukan promosi serta bermanfaat untuk menciptakan pesan dari produk yang ditawarkan.

Foto produk merupakan bagian dari fotografi yang memiliki peranan besar dalam proses pembangunan sebuah brand. Dengan fotografi, konsumen bisa mengetahui model dan bentuk produk yang akan ditawarkan, dan konsumen-pun bisa memilih produk yang terbaik dari hasil apa yang telah digambarkan melalui proses fotografi.

Berikut ini 5 tips menciptakan foto produk yang baik dan menarik, diantaranya adalah :

  1. Gunakan Sumber Cahaya Yang Baik
    Tanpa sumber cahaya yang baik, detail produk Anda tidak akan terlihat. Cahaya yang terlalu terang dapat membuat warna produk Anda menjadi tidak jelas atau terlalu putih. Jika memungkinkan, foto produk Anda diluar ruangan yang tidak menerima cahaya matahari langsung, seperti di teras atau diruangan yang memiliki banyak jendela/ pintu sehingga sinar matahari dapat masuk dengan bebas.
    .
  1. Gunakan Skala Acuan Untuk Dimensi Produk Anda
    Sedetail apapun spesifikasi dimensi produk yang Anda berikan, tidak akan cukup untuk memberikan acuan yang sebenarnya. Anda dapat menggunakan objek yang universal dan meletakkannya secara berdampingan dengan produk. Jika produk Anda adalah aksesoris seperti jam tangan, maka ada baiknya Anda menampilkan foto seseorang sedang mengenakan jam tersebut. Intinya adalah memudahkan pembeli Anda mengetahui gambaran dimensi produk Anda.
    .
  1. Kreasiakan Editing Foto Produk dan Gunakan Efek
    Untuk menghasilkan foto produk yang baik dan menarik, Anda perlu memiliki kemahiran dalam mengedit foto produk. Ketrampilan editing seorang fotografer juga akan mempengaruhi pesona produk yang akan ditampilkan pada sebuah media promosi maupun periklanan. Untuk menjadikan produk tersebut lebih hidup, gunakan juga efek pada software editing foto yang Anda kuasai.
    .
  1. Fotolah Produk Anda Dari Berbagai Sudut
    Akan lebih baik jika Anda memiliki album foto atau galeri sendiri untuk setiap produk Anda. Satu sudut foto tidak akan pernah cukup. Semakin detail Anda menggambarkan produk yang Anda jual, akan semakin yakin pembeli Anda untuk bertransaksi dengan Anda.
    .
  1. Jujurlah Dalam Memotret Produk yang Sudah Lecet
    Jika produk Anda adalah produk seken atau produk bekas, fotolah bagian-bagian yang sudah mengalami penurunan nilai dalam produk Anda. Misalnya mobil yang lecet, laptop yang sudut layarnya sudah mati, atau Blackberry yang keyboard-nya sudah memudar. Foto dan tuliskan kekurangannya pada bagian deskripsi. Kejujuran Akan meningkatkan integritas dan kepercayaan Anda di hadapan konsumen.

    Baca juga : 7 Tahapan Membuat Logo yang Baik dan Menarik

    Foto Produk yang Berkualitas Dihasilkan Dari Kesabaran dan Ketrampilan Seorang Fotografer

Demikian artikel tentang cara membuat foto produk yang berkualitas. Semoga dengan artikel ini Anda bisa mengkreasikan karya foto-foto produk Anda supaya lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *