Search
Friday 22 September 2017
  • :
  • :

5 Kegagalan Dalam Komunikasi Pemasaran



 

komunikasi, komunikasi pemasaran, ilmu komunikasi , tujuan komunikasi pemasaran, pelaku bisnis, penyebab kegagalan komunikasi pemasaran, target pasar, riset pasar, komunikasi pemasaran pada konsumen, solusi bagi konsumen, komunikasi pemasaran yang berlebihan, infomrasi penawaran produk, penyebab kegagalan dalam komunikasi pemasaran

www.saveasbrand.com – Komunikasi memegang peranan sangat penting dalam dunia pemasaran. Komunikasi pemasaran merupakan cabang dari ilmu komunikasi turunan yang berfokus pada pesan-pesan penjualan dari produsen ke konsumen. Sebuah produk dapat diterima pasar apabila penjual mampu menginformasikan secara menarik ke konsumen.

Tujuan komunikasi pemasaran adalah untuk menarik minat konsumen agar mencari informasi tentang produk yang di pasarkan, meningkatkan daya beli konsumen, serta menumbuhkan loyalitas konsumen pada produk yang telah dibelinya. Anda sebagai penjual harus mengetahui tujuan komunikasi pemasaran ini, agar Anda bisa mendapatkan keuntungan dari komunikasi pemasaran yang Anda terapkan.   

Tapi pada kenyataannya, banyak para pelaku bisnis yang belum bisa mengkomunikasikan produknya dengan baik, sehingga produk mereka kalah bersaing di pasaran, produk mereka tidak dikenal konsumen, dan produk tersebut tidak mampu bertahan lebih lama di persaingan dalam pasar. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya ketahui lima penyebab kegagalan komunikasi pemasaran berikut ini, diantaranya adalah :




  1. Gagal Mengenai Target Pasar
    Banyak marketer yang gagal mengenai target pasar saat menjual produknya ke konsumen. Hal Ini disebabkan karena produk yang ditawarkan tidak dibutuhkan atau tidak menarik bagi konsumen. Seharusnya Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui apa saja kebutuhan konsumen, apa manfaat produk bagi konsumen, serta bagaimana kualitas produk yang dipasarkan.
    .
  1. Gagal Meyakinkan Konsumen
    Sebagian besar konsumen tidak bisa langsung percaya pada produk yang telah ditawarkan kepada mereka. Untuk mendukung komunikasi pemasaran pada konsumen, sebaiknya tambahkan data-data penunjang pada produk Anda, seperti testimony pemakaian produk pada konsumen yang terlebih dulu menggunakannya, komposisi produk yang digunakan, sampai pada berbagai keuntungan yang di dapat konsumen setelah menggunakan produk tersebut.
    .
  1. Tidak Memberikan Solusi Bagi Konsumen
    Produk yang baik adalah produk yang dibutuhkan oleh Konsumen. Konsumen akan membeli produk yang ditawarkan kepadanya apabila produk tersebut mampu menjawab segala kebutuhan konsumen. Selain itu, produk tersebut juga harus menjadi solusi bagi konsumen yang membutuhkannya. Jadi jangan hanya berfokus pada kelebihan produknya, namun jadilah solusi bagi permasalahan yang dialami oleh konsumen.
    .
  1. Komunikasi Terlalu Berlebihan
    Sebaiknya hindari melakukan promosi yang berlebihan. Komunikasi pemasaran yang berlebihan hanya akan membuat konsumen merasa bingung, dan tidak mengetahui inti pesan yang akan Anda sampaikan. Jadi, lebih baik tawarkan produk atau jasa Anda dengan pesan yang jelas, padat dan informatif, sehingga konsumen bisa memahami  informasi yang Anda sampaikan dan segera mengambil tindakan pembelian terhadap produk Anda.
    .
  1. Pesan Utama Tidak Tersampaikan
    Jika komunikasi yang berlebihan dapat menyebabkan kegagalan dalam pemasaran, maka komunikasi yang terlalu singkat juga menjadi penyebab kegagalan selanjutnya. Sebagai seorang marketer, jangan memberi infomasi penawaran produk yang terlalu singkat kepada konsumen, hal ini akan membuat pesan utama penawaran tidak tersampaikan ke konsumen. Jelaskan lebih rinci kepada konsumen, dan sampaikan pesan utama secara lebih jelas, agar konsumen bisa memahami apa yang sampaikan kepada mereka.

Baca juga : 10 Kesalahan Dalam Internet Marketing

Kesuksesan Dalam Pemasaran Ditentukan Oleh Komunikasi yang Dilakukan

Sekian artikel tentang penyebab kegagalan dalam komunikasi pemasaran ini.  Semoga informasi strategi komunikasi pemasaran ini  bisa bermanfaat bagi para pembaca. Selamat Berbisnis, salam sukses salam kreatif.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *