Search
Thursday 16 November 2017
  • :
  • :

5 Tips Mengalahkan Kompetitor Bisnis Anda



kompetitor, mengalahkan kompetitor, bisnis kompetitor, menjalankan bisnis, membangun bisnis, peran kompetitor, kompetitor dalam bisnis, perusahaan pesaing, cara untuk mengalahkan kompetitor, persaingan bisnis, persepsi konsumen, tips mengalahkan kompetitor, kelebihan kompetitor, kelemahan kompetitor, peluamng pasar, kekuatan bisnis, membangun loyalitas konsumen, strategi pengembangan produk, penerapan promosi, cara mengalahkan kompetitor bisnis.

www.saveasbrand.com – Perusahaan tidak boleh sekali-kali mengabaikan para kompetitornya. Kompetitor bisa menjadi batu sandungan bagi bisnis Anda, namun kompetitor juga bisa menjadi pedoman atau guru dalam menjalankan bisnis Anda. Kompetitor tidak selamanya mengancam perkembangan bisnis Anda, tapi kompetitor juga bisa menjadi acuan Anda dalam menjalani bisnis yang telah dilakukan terlebih dahulu oleh kompetitor Anda.

Dalam hal ini Anda harus bisa membedakan peran kompetitor tersebut, mana kompetitor yang harus Anda jadikan guru dan mana kompetitor yang harus dijadikan sebagai pesaing. Anda harus bisa menemukan celah-celah bisnis secara lebih cepat, agar Anda bisa menemukan kunci keunggulan dari bisnis yang Anda jalankan. Kompetitor dalam bisnis yang berbahaya adalah mereka yang paling mirip dengan perusahaan Anda. Ini disebabkan karena pelanggan tidak dapat melihat perbedaan di antara perusahaan Anda dengan perusahaan pesaing itu.

Dalam benak pelanggan, perusahaan Anda dan perusahaan pesaing itu tercampur aduk. Karena itu, langkah yang paling baik adalah dengan cara tampil berbeda, tampil berbeda, dan sekali lagi tampil berbeda. Cara untuk mengalahkan kompetitor Anda adalah dengan menyerang diri sendiri terlebih dahulu. Bekerjalah dengan keras untuk dapat membuat lini produk Anda sebelum pesaing Anda melakukannya.

Ancaman persaingan bisnis yang paling fatal adalah yang datang dari perusahaan-perusahaan pesaing kecil yang sangat bersemangat untuk dapat mengubah aturan permainan. Pada bagian ini, tentukan perusahaan mana yang menguasai porsi pasar terbesar. Kompetitor ini menjadi signifikan karena mereka cenderung menetapkan fitur produk atau jasa standar, secara signifikan mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk atau jasa

Jika Anda ingin menjadikan produk Anda unggul dibanding produk pesaing, berikut ini ada lima tips mengalahkan kompetitor bisnis Anda, diantaranya adalah :




  1. Memiliki kelebihan dibanding pesaing
    Sudah menjadi pengertian bahwa produk atau jasa yang memiliki kelebihan dibanding pesaing, cenderung lebih banyak dibeli oleh konsumen. Kelebihan ini bisa dalam hal ukuran (lebih besar), fitur (lebih lengkap), harga (lebih murah) ataupun hal-hal lainnya misal rasa dan kemasan. Hal-hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen supaya tidak beralih ke pesaing dan setia membeli produk Anda.
  1. Manfaatkan Kelemahan pesaing sebagai kekuatan Anda
    Ada baiknya juga menujukkan bagaimana kelemahan kompetitor menjadi kekuatan bisnis Anda. Misalkan saja, pemimpin pasar dalam industri Anda adalah perusahaan besar dan birokrasinya berbelit-belit. Jika perusahaan Anda kecil dan gesit, jelaskan bagaimana Anda bisa lebih baik dalam merespons perubahan mendadak yang terjadi pada permintaan pasar. Apakah kompetitor Anda menggunakan teknologi lama? Tonjolkan bahwa Anda menggunakan peralatan dengan teknologi terbaru yang bisa melayani konsumen dengan lebih baik.
  1. Inovasi Berkelanjutan
    Produk yang melakukan inovasi, secara tidak langsung yang akan membangun loyalitas konsumennya. Kebutuhan konsumen selalu berubah dan cenderung ingin lebih, oleh sebab itu inovasi dan perbaikan produk perlu dilakukan terus menerus. Inovasi bisa dalam hal kemasan, isi, jasa layanan ataupun cara berkomunikasi (marketing) Anda dengan konsumen.
  1. Ciptakan Varian Baru
    Konsumen cenderung cepat bosan, oleh sebab itu penting sekali menerapkan strategi pengembangan produk melalui varian-varian baru. Banyak merek-merek besar yang berhasil mempertahankan konsumen dikarenakan mereka membuat varian-varian baru.
  1. Program Promosi
    Penerapan program promosi sangat diperlukan sebagai salah satu upaya mempertahankan konsumen. Promosi diskon, paket produk, paket bundling serta paket dengan harga khusus menjadi salah satu strategi yang terbukti ampuh membangun loyalitas konsumen.

Baca juga : Layani Pelanggan Anda Dengan Empat Hal Ini

Anda Harus Bisa Menemukan Celah Kompetitor, Agar Anda Bisa Menemukan Kunci Keunggulan Bisnis Anda

Itulah lima cara mengalahkan kompetitor bisnis yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi utk Anda dalam mengembangkan bisnis yang Anda jalankan.



Reviews

  • 6
  • 8
  • 8
  • 8
  • 7
  • 7.4

    Score




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *