Search
Friday 22 September 2017
  • :
  • :

5 Tips Menumbuhkan Insting Desain Anda



kecerdasan otak, otak kanan, otak kreatif, passion desain, konsep desain, ide desain, pesan brand, pengertian desain, desain kreatif, menumbuhkan insting desain, fungsi desain, menciptakan desain huruf, unsur desain, menciptakan desain kreatif, manfaat desain

www.saveasbrand.com – Satu diantara kecerdasan otak dari otak kita adalah desain. Di era saat ini, sesuatu yang berbentuk barang, jasa, atau apa saja hanya dilihat dari fungsinya, akan tetapi sebuah desain perlu memiliki nilai estetika, keindahan, indah, kreatif, inovatif, fantastis, dapat menarik secara emosional, serta mampu mengkomunikasikan pesan brand dengan baik.

Pengertian desain adalah kecerdasan pikiran yang merupakan sebuah kombinasi antara utility (kegunaan) dan significance (makna) atau dapat dijabarkan desain adalah kegunaan yang memiliki nilai lebih yang ditingkatkan dengan makna yang terkandung.

Untuk itu, kita harus belajar dan melakukan kebiasaan untuk mengamati sesuatu dari cara pandang yang berbeda, agar otak kita bisa menemukan sisi unik dari suatu objek dan memodifikasinya dengan kemampuan desain yang kita miliki. Setiap manusia memiliki insting yang berbeda dalam memandang sebuah objek, oleh karena itu arahkan insting desain Anda menuju desain yang kreatif, simple, fungsional, dan mudah diingat secara visual.

Untuk menumbuhkan insting desain Anda, berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda coba setiap harinya, diantaranya adalah :




  1. Perhatikan plakat, iklan baliho atau sebuah surat kabar, lihat huruf per huruf dan bayangkan apakah anda bisa menciptakan desain huruf yang lebih mudah dicerna atau kata-kata yang sangat simple dan hanya dilihat sepintas orang bisa mengerti makna dari tulisan tersebut.
    .
  2. Salurkan kejengkelan anda dan carilah sebanyak mungkin barang atau apa saja yang menurut anda desain barang tersebut sangat buruk, tulis dan catat gagasan-gagasan extreme anda untuk memperbaiki desain dari barang tersebut yang menurut anda agak sedikit gila tetapi mampu mengundang emosional orang lain untuk tertarik menilai atau melihat ide desain yang anda buat.
    .
  3. Perbanyak melihat atau mengunjungi majalah-majalah desain atau situs-situs tentang desain, semakin banyak anda kunjungi dan baca maka semakin banyak konsep-konsep desain yang tertanam atau terkumpul dalam otak anda dan semakin banyak pula ide gila tentang desain yang akan and ciptakan.
    .
  4. Wujudkan ide gila anda dengan membuat desain yang jarang atau baru pertama kali dilihat, tapi ingat desain yang anda buat harus memiliki beberapa syarat dan unsur desain yang baik diantaranya :
    Contras (perbedaan)
    Repetition (pengulangan)
    Allignment (penjajaran)
    Proxymety (kedekatan)
    .
  5. Jadilah orang pemilih. Pilihlah barang, pakaian, atau apa saja sesuai dengan penilaian anda tentang desain barang tersebut. Jangan hiraukan penilaian orang, atau penilaian mode yang telah cukup tren sebab belum tentu sama dengan konsep desain pada diri anda. Baca juga : 5 Prinsip Berfikir Seperti Desainer

Desain Adalah Kecerdasan Pikiran yang Merupakan Sebuah Kombinasi Antara Kegunaan dan Makna

Itulah 5 tips menumbuhkan insting desain Anda agar menjadi lebih kreatif, inovatif, dan lain dari pada yang lain. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar tentang desain dan ruang lingkupnya.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *