Search
Monday 19 June 2017
  • :
  • :

7 Kebiasaan yang Membuat Anda Sukses





sukses, kesuksesan, kesuksesan dalam berbinis, manajemen waktu, mengelola waktu, spiritual creativepreneur, sikap proaktif, cita-cita dalam berbisnis, tujuan bisnis, solusi bisnis, komunikasi dalam berbisnis, bekerja dalam tim, kebiasaan sukses dalam berbisnis, produktif dalam berbisnis,

www.saveasbrand.com – Kesuksesan tidak bisa diraih secara instan. Kesuksesan dalam berbisnis selalu diawali dengan proses yang panjang, kerja keras, disiplin, pantang menyerah, serta disertai dengan doa. Kesuksesan akan datang pada mereka yang selalu belajar tentang hal-hal baru dan berani mengambil resiko dalam hidup. Salah satu faktor terbesar yang dapat membuat Anda sukses adalah manajemen waktu.

Dalam berbisnis, waktu adalah sesuatu yang mahal. Meskipun pada dasarnya semua orang memiliki waktu, dan waktu itu bisa dimiliki secara gratis, tapi masih saja ada orang-orang yang tak bisa menikmati waktu yang dimilikinya. Waktu mereka habis karena ketemu dengan klien, rapat dengan manajer, terbuang di jalan karena macet, dan ada agenda acara yang bertabrakan. Inilah yang menjadi problem buat kita, karena kita kurang bisa mengelola waktu kita dengan baik.

Selain manajemen waktu, ternyata ada beberapa tips lain dari Stephen Covey, yang dikutip oleh M. Arief Budiman di bukunya Spiritual Creativepreneur, untuk meraih kesuksesan dari kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari, diantaranya adalah :




  1. Bersikap Proaktif
    Saat bertemu masalah, kita bisa memilih bersikap reaktif atau proaktif. Kita reaktif saat cenderung menyalahkan orang lain atau keadaan yang sulit. Sikap proaktif adalah bertanggung jawab atas setiap segi kehidupan yang membuat kita mengambil inisiatif dan tindakan. Dengan sikap proaktif, kita tidak membiarkan diri terhanyut oleh keadaan. Tetapi justru kita yang mengendalikan keadaan.
  1. Menentukan Tujuan Akhir
    Banyak orang yang memiliki cita-cita dan tujuan hidup, tetapi sedikit yang mampu memvisualkan dan menuangkan visi hidupnya itu dalam suatu pernyataan yang menginspirasi.  Dengan membuat pernyataan Misi Pribadi, kita dibantu untuk berkonsentrasi dan mempertimbangkan konsekuensi-konsukuensi apa yang akan dihadapi sebelum bertindak.
  1. Dahulukan yang Utama
    Kita harus mempunyai skala prioritas untuk tujuan-tujuan jangka pendek, dengan tidak melupakan tugas-tugas yang walaupun terlihat tidak mendesak, tetapi ternyata penting. Dengan sempitnya waktu, seorang pemimpin harus mampu mendelegasikan sebagian tugasnya – seringkali pada orang-orang yang lebih hebat dari dirinya.
  1. Berpikir Saling Memenangkan
    Bila kita terbiasa memikirkan solusi bisnis yang saling menguntungkan (win-win solution) bagi kedua belah pihak, maka kita dapat meningkatkan hubungan kerjasama yang lebih efektif dalam mencapai tujuan. Implikasinya, hubungan tersebut bisa berjalan dalam dimensi jangka panjang.
  1. Berusaha Mengerti Dulu, Baru Dimengerti
    Bila kita memberi suatu nasihat tanpa berempati atau tanpa memahami situasi orang tersebut, kemungkinan besar nasihat akan ditolak atau tidak berguna. Jadi, biasakan untuk paham dulu baru bicara, agar komunikasi dalam berbisnis dapat berjalan efektif.
  1. Bersinergi
    Berusahalah untuk mencapai sinergi positif bila bekerja dalam tim. Perbedaan nilai-nilai yang ada harus dihormati, dibangun kekuatannya, dan saling mensupport kelemahan masing-masing. Memaksimalkan potensi dan kontribusi setiap anggota tim. Jika sinergi dapat dicapai, achievement satu tim akan lebih besar daripada dengan hasil yang dicapai oleh anggota bila bekerja sendiri-sendiri.
  1. Asahlah Gergajimu
    Kebiasaan ini berfokus pada pembaharuan diri secara mental, fisik, emosional, sosial, dan spiritual yang seimbang. Untuk dapat terus produktif, seseorang juga harus menyegarkan dirinya dengan memiliki aktivitas-aktivitas rekreasi. Jangan sampai pekerjaan yang menggunung membuat burn out. Selingi dengan belajar, memperbarui ilmu dan me-refresh otak agar siap tempur kembali.

Baca juga : 4 Manfaat Bekerja Dengan Passion

Terapkan Tujuh Kebiasaan Ini Untuk Menyiapkan Kesuksesan Anda Di Esok Hari

Itulah artikel tentang tujuh kebiasaan yang membuat Anda sukses, semoga Anda bisa menerapkan ketujuh kebiasaan ini untuk membentuk pribadi yang tangguh dan siap untuk meraih kesuksesan dalam hidup.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *