Search
Thursday 16 November 2017
  • :
  • :

Cara Membuat Slogan Iklan Yang Kreatif



www.saveasbrand.com – Dalam dunia periklanan, slogan atau tagline memiliki peran yang sangat penting untuk menguatkan sebuah brand. Slogan mampu menciptakan pesan dan kesan yang bisa diingat dalam benak konsumen. Meskipun terdiri dari beberapa kata, tapi kekuatan slogan mampu merepresentasikan personality brand sebuah brand. Secara definisi slogan merupakan frasa yang digunakan dalam konteks politik, komersial, agama dan lainnya sebagai ekspresi pengulangan dari sebuah ide atau tujuan.

slogan iklan, slogan periklanan, slogan iklan kreatif, menulis slogan, merancang pesan iklan, membuat slogan iklan, slogan pesan periklanan, slogan iklan, script slogan, cara membuat slogan iklan yang kreatif, tips menulis slogan iklan, syarat-syarat membuat slogan iklan, copywriting periklanan, copywriting pesan iklan,

Slogan iklan yang kreatif adalah slogan yang mampu memfantasikan pikiran konsumen untuk membayangkan produk yang diiklankan. Slogan pesan beriklanan harus berdurasi singkat dan terkesan sangat simple, namun mampu menyampaikan pesan periklanan secara lebih riil. Oleh karena itu dibutuhkan pemahaman yang mendalam dan pemikiran yang kreatif agar mampu menciptakan slogan iklan yang baik dan menarik.

Bagi Anda seorang copywriter yang ingin merancang pesan tagline dalam periklanan, sebaiknya ketahui dulu 10 prinsip dalam slogan iklan, yang pemasaran produk yang diiklankan, diantaranya adalah :




1. Berkesan: Pastikan konsumen dapat mengingat dan membaca slogan iklan Anda
2. Singkat dan sederhana: Sebaiknya dibuat tidak lebih dari 10 suku kata
3. Definitif: Bisa menggambarkan usaha anda dan jenis produk yang dipasarkan
4. Berbeda: Menjelaskan manfaat bagi pelanggan yang membedakan Anda dari pesaing yang lainnya.
5. Positif:Membangkitkan perasaan dan kesan yang baik.
6. Orisinil: Tidak meniru atau klise
7. Spesifik: Bukan omong kosong atau janji-janji palsu
8. Provokatif: Membuat orang berpikir, tersenyum atau belajar hal baru tentang bisnis Anda.
9. Persuasif: Bisa menyampaikan “ide besar” yang ingin Anda sampaikan ke konsumen.
10. Terpercaya: Mencerminkan karakter, janji dan kepribadian bisnis Anda tatkala pelanggan melakukan transaksi .

Syarat-syarat Membuat Slogan Pesan Periklanan

Berikut ini merupakan syarat-syarat yang wajib dipenuhi dalam menulis slogan iklan, diantaranya adalah :

Persuasif Syarat pertama yang harus dimiliki oleh slogan periklanan adalah persuasuf. Persuasif artinya mendorong, menyuruh, dan mengajak konsumen untuk membeli produk yang diiklankan. Pemilihan kata-kata yang unik atau yang terkenal di tengah masyarakat merupakan salah satu upaya untuk mempengaruhi pembaca. Daya persuasif yang muncul dari sebuah slogan semata-mata berasal dari ungkapan-ungkapan yang digunakan.

Rima

Pemberian rima dalam slogan iklan bermanfaat untuk memberikan ketukan, nada, dan intonasi dalam slogan perikalanan. Hal ini dimaksudkan agar pesan iklan komunikasi dapat didengar lebih menarik dan mudah diucapkan, dan mudah diingat.

Singkat

Singkat berarti berhubungan dengan jumlah kata yang digunakan. Jika kita perhatikan, contoh slogan-slogan kadang tidak ada yang melebihi 5 kata, kata-kata yang digunakanpun sehemat mungkin, namun tetap mewakili pesan perikalanan dan pemasaran yang ingin disampaikan.

Fokuskan Keunggulan Produk

Dalam membuat slogan sekiranya kita harus memperhatikan fokus utama produk kita. Baik itu dalam kualitas, sumber daya, dan keunikan produk kita. Intinya, apa yang membuat produk kita berbeda dengan produk lain bisa diangkat sebagai titik tolak slogan yang ingin kita buat. Anda juga bisa mengutamakan keunggulan harga dibandingkan dengan produk competitor yang dapat memancing minat konsumen terhadap produk kita.

KISS (Keep it Simple Stupid)

Slogan sekiranya tidak terlalu panjang namun mengena. Sebuah slogan hanya akan efektif apabila pendengar dapat mengerti slogan tersebut dengan secara langsung dan cepat. Contohnya adalah Nike dengan slogan utamanya “Just Do It” terkesan sederhana namun mengena kepada keunggulan produk mereka. Inti pesan Nike ialah semua orang bisa melakukan apapun, tanpa takut, tanpa ragu dengan menggunakan produk mereka, apakah efektif? iya. Sederhana? Tentu saja. 

Desain

Perkembangan media periklanan seperti TV, Koran ataupun internet memaksa kita untuk mendesain slogan yang tidak hanya mengena, sederhana, tetapi juga harus “enak dipandang”. Desain yang baik dengan permainan warna dan jenis huruf yang menarik mempengaruhi daya tangkap konsumen terhadap produk kita, sekiranya desain yang kita gunakan sesuai dengan deskripsi produk dan target market kita. 

Slogan pesan beriklanan harus berdurasi singkat dan simple, namun mampu menyampaikan pesan periklanan secara lebih riil

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam merancang kata untuk slogan periklanan. Semoga Anda bisa lebih kreatif lagi dalam menciptakan slogan iklan yang baik dan menarik, sehingga berdampak positif pada penjualan produk Anda di pasaran. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang telah membacanya.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *