Search
Monday 19 June 2017
  • :
  • :

Cara Menjadikan Konsumen Loyal Terhadap Produk Anda





membangun identitas, loyalitas konsumen, kepuasan konsumen, menjual produk ke konsumen, menjadikan konsumen loyal, membangun   hubungan secara personal, membangun loyalitas konsumen, customer service, customer care, menciptakan kepuasan konsumen, cara menjadikan konsumen loyal,

www.saveasbrand.com – Membangun identitas yang kuat tidak hanya berhenti pada penjualan produk saja, namun masih ada hal-hal yang terus dilakukan agar bisnis Anda bisa berkembang tetap memiliki citra yang baik mata konsumen. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan memberi kesan positif kepada konsumen untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas konsumen.

Terciptanya kepuasan konsumen, tentunya menjadi salah satu aset penting dalam menjalankan bisnis Anda. Meskipun ini cukup abstrak, namun Anda harus menjaga konsumen Anda dan melayaninya dengan baik. Hal ini bertujuan agar konsumen lama tetap memilih produk Anda dan Anda bisa menarik pelanggan baru yang lebih potensial untuk memperbesar pendapatan bisnis Anda.

Rata-rata pebisnis saat ini juga tidak memperhatikan perasaan konsumen yang telah membeli produknya. Mereka seenaknya saja menjual produk ke konsumen tanpa pelayanan yang baik dan tidak menghargai apa yang sudah dibeli oleh konsumen. Jadi perhatikan dan layani konsumen dengan baik, agar mereka merasa puas dan terus membeli produk Anda.

Berikut ini ada 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan konsumen loyal terhadap produk Anda, diantaranya adalah :

  1. Biarkan Konsumen Mengetahui Apa yang Anda Lakukan
    Ini bisa dilakukan dalam bentuk pengiriman newsletter yang dikirimkan kepada konsumen, atau bisa lebih informal, seperti panggilan telepon. Apapun metode yang Anda gunakan, kuncinya adalah untuk memberitahukan secara personal kepada pelanggan dan pastinya mereka akan lebih merasa dihargai dengan Anda memberikan info-info terbaru tentang produk atau jasa Anda.
  1. Perlakukan Konsumen Secara Personal
    Cobalah untuk membangun hubungan secara personal dengan konsumen seperti misalnya Anda bisa  sesekali datang kekantornya atau tempat usaha mereka. Hal ini akan membuat hubungan Anda dengan konsumen menjadi lebih harmonis, lama-kelamaan hubungan tersebut berubah seperti hubungan saudara bukan lagi hubungan antara pembeli dan penjual.
  1. Mengingatkan Acara-acara Spesial Kepada Konsumen
    Kirim kartu ucapan ulang tahun kepada pelanggan, mengirim kartu ucapan perayaan hari besar, ataupun memberikan hadiah special kepada konsumen adalah cara follow up yang sangat baik untuk membangun loyalItas konsumen.
  1. Layanan Pelanggan
    Sebisa mungkin buatlah komunikasi Anda dengan pelanggan jauh lebih mudah. Jangan sampai ketika pelanggan Anda membutuhkan layanan after sales dari Anda namun kenyataannya Anda sangat sulit untuk dihubungi. Jika mungkin terlalu sibuk, Anda juga bisa menunjuk seorang customer service untuk membantu Anda menanggapi jika ada keluhan dari pelanggan. Respon cepat dan tanggap, akan membuat pelanggan menjadi lebih percaya bahwa perusahaan Anda benar-benar serius untuk melayani konsumen dengan baik.
  1. Berikan perhatianbefore dan after sales
    Untuk menciptakan kepuasan konsumen, berikan perhatian khusus kepada para konsumen baik sebelum terjadi transaksi pembelian maupun pasca pembelian. Misalnya saja dengan membagikan katalog menarik untuk memancing minat konsumen, serta memberikan garansi khusus pada produk unggulan yang Anda pasarkan.

Baca juga : 5 Kegagalan Dalam Komunikasi Pemasaran

Jadi Perhatikan dan Layani Konsumen Dengan baik, Agar Mereka Puas dan Terus Membeli Produk Anda

Itulah beberapa cara menjadikan konsumen loyal terhadap produk Anda. Semoga cara-cara ini bisa menginspirasi Anda untuk memperlakukan konsumen dengan lebih baik lagi sehingga Anda bisa mengembangkan bisnis jangka panjang yang saling menguntungkan.

 






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *