Search
Thursday 16 November 2017
  • :
  • :

Cara Merubah Klien Biasa Menjadi Klien Potensial



bisnis, bisnis freelancer, bisnis jasa, bisnis jasa freelancer, freelancer dan klien, hubungan freelancer dengan klien, komunikasi freelancer dengan klien, cara menjadikan klien biasa menjadi klien potensial, konsultan bisnis untuk klien, solusi masalah bisnis klien, personal brand, membangun personal brand, brand image,

www.savesbrand.com – Bagi seorang freelancer, klien merupakan sosok penting dibalik suksesnya bisnis yang dijalankan oleh Freelancer. Produk jasa yang ditawarkan oleh seorang freelancer kepada klien, tentunya harus memberi manfaat yang positif bagi klien, manfaat untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Tanpa klien, seorang freelancer tidak akan mampu melanjutkan bisnisnya yang semakin lama semakin sulit persaingannya.

Menjalin hubungan kerja dengan klien tentu harus dilakukan semaksimal mungkin, agar hubungan itu tidak berakhir pada penjualan saja, namun juga bisa berlanjut seperti teman, sahabat, maupun partner kerja yang saling menguntungkan. Jika seorang freelancer bisa menerapkan ini dalam usahanya, maka besar kemungkinan bisnis jasa yang ia jalankan bisa terus berjalan dan bisa meningkatkan tingkat pendapatan setiap bulannya.

Jika Anda seorang freelancer, berikut ini merupakan cara menjadikan klien biasa menjadi klien potensial yang dapat menguntungkan bisnis Anda, diantaranya adalah :




  1. Komunikasi Dengan Klien
    Tidak bisa dipungkiri bahwa komunikasi memegang peranan penting dalam hubungan bisnis dan hubungan kerja. Komunikasi antara freelancer dan klien yang berjalan harmonis akan menjadikan hubungan tersebut lebih dari sekedar hubungan kerja, namun juga menjalar pada hubungan antar personal yang lebih dekat dan lebih akrab. Contoh komunikasi dengan klien yang bisa Anda lakukan adalah dengan menanyakan hobi atau kegemarannya, makanan kesukaanya, film favoritnya, sampai pada  kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan setiap hari.
  1. Jadilah Konsultan Untuk Klien
    Ada beberapa jenis hubungan antara seorang freelancaer dengan klien diantaranya adalah hubungan kerja per project (fixed project), hubungan kerja per jam (hourly project), dan hubungan kerja sebagai konsultan (project consultant). Dari ketiga jenis hubungan ini, sebaiknya berperanlah sebagai seorang konsultan. Seorang konsultan akan berperan sebagai pemberi solusi masalah bisnis yang dialami oleh seorang klien, sedangkan hubungan kerja per jam atau per project hanya menjadikan Anda sebagai seorang pegawai yang bertugas untuk mengeksekusi ide-ide maupun perintah dari klien.
  1. Bangun Personal Brand Secara Kontinyu
    Jika Anda ingin mengembangkan diri Anda lebih tinggi dari seorang freelancer, maka Anda perlu menginvestasikan waktu Anda setiap harinya untuk membangun personal brand Anda. Contoh personal brand yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat blog atau website yang berisi tulisan-tulisan Anda tentang tips, cara, rahasia Anda menjalani bisnis yang Anda jalankan. Tulisan di website Anda akan mengedukasi pengetahuan seorang klien, serta dapat meningkatkan brand image di mata klien.
  1. Kerjakanlah Project dari Klien dengan Rasa Cinta
    Mencintai pekerjaan yang dilakukan sehari-hari sangat penting dilakukan oleh seorang freelancer. Dengan mencintai pekerjaan, seseorang akan mengerjakan pekerjaan tersebut tanpa beban, terasa ringan dan begitu menyenangkan. Jika Anda hanya memandang pekerjaan itu dari uang, maka pekerjaan itu terasa berat dan keinginan Anda tidak akan pernah terpenuhi. Jalani pekerjaan itu dengan rasa cinta, tulus, ikhlas, dan bahagia. Jika Anda mengerjakannya dengan maksimal, maka klien-pun juga akan menghargai kerja keras Anda dengan nilai yang Anda harapkan.

Baca juga : Cara Menjadikan Konsumen Loyal Terhadap Produk Anda

Jangan Sampai Karena Hubungan Yang Buruk Dengan Klien, Bisnis Seorang Freelancer Menjadi Berantakan Dan Kehilangan Trust Dari Klien.

Itulah empat cara yang bisa Anda lakukan untuk merubah klien biasa menjadi klien potensial yang bisa memantapkan masa depan bisnis Anda.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *