Search
Monday 19 June 2017
  • :
  • :

Manfaat Event Marketing Untuk Branding





event-marketing-untuk-membangun-brand2

www.saveasbrand.com – Event marketing merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menunjang keberhasilan promosi, perkenalan produk, dan lebih lebih mendekatkan diri dengan konsumen. Tujuan Event marketing sangat efektif untuk launching new product oleh perusahaan non direct selling, dan efektif dalam menjalin kerjasama dengan mitra kerja.

Peran Event Marketing dalam Branding adalah sebagai sarana komunikasi pemasaran yang efektif untuk membandung brand di mata public. Event memiliki pengaruh karena keterlibatan customer di dalamnya. Event marketing juga menjadi bagian dari Public Relations yang berguna untuk meningkatkan citra positif dengan berkomunikasi dengan konsumen secara langsung.

Perusahaan lebih mengunggulkan event marketing karena diyakini dapat membangkitkan emosi target audience. Dan memberikan kesan yang lebih mendalam kepada brand, sehingga dapat menciptakan brand loyalty.

Fungsi Event Marketing adalah untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas pelanggan, memperkenalkan keunggulan suatu produk, membuat paket jualan, mereferensikan produk ke orang lain, menambah user website, mendapatkan input dari customer serta mendekatkan perusahaan dengan target yang dituju.

Faktor-faktor Keberhasilan Event Marketing

Berikut ini merupakan faktor-faktor keberhasilan Event Marketing, diantaranya adalah




  1. Penentuan Konsep Acara
    Konsep acara dalam event marketing menjadi hal yang sangat krusial, karena tanpa konsep perusahaan tidak dapat meraih tujuan yang ingin dicapai. Penentuan tema perlu memperhatikan juga isu yang berkembang di masyarakat, perusahaan dapat mengangkat tema yang relevan dengan isu tersebut.
  1. Melakukan Komunikasi Pemasaran yang Baik
    Dengan komunikasi pemasaran yang baik, informasi tentang adanya suatu event dapat sampai ke target yang dituju. Dengan demikian, event dapat dihadiri oleh audienceyang tepat.
  1. Ketrampilan Sumber Daya Manusia yang Ada
    Kemampuan Sumber Daya Manusia dalam sebuah Event Organizer (EO), juga menentukan keberhasilan sebuah event marketing dan reputasi dari EO itu sendiri, karena EO yang dibangun dari tim yang solid akan menumbuhkan ikatan emosional yang tinggi sehingga setiap acara dapat dieksekusi dengan baik.
  2. Estimasi Dana yang Memadai
    Faktor lainnya seperti besarnya budget, kesiapan team serta kordinasi juga perlu diperhatikan dalam pelaksanaan event. Dalam membuat suatu event, perusahaan perlu memperhatikan budgetyang akan dikeluarkan dan menyesuaikan antara tujuan perusahaan dengan event yang akan dilakukan.

Manfaatkan Event Marketing Untuk Meningkatkan Brand Anda

Itulah manfaat event marketing dalam branding yang perlu Anda ketahui. Semoga Anda tidak lelah untuk meningkatkan citra brand Anda agar lebih baik dari sebelumnya.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *