Search
Friday 22 September 2017
  • :
  • :

Inilah Tugas dan Tantangan Profesi Public Relations



tugas public relations, tantangan profesi public relations, tugas dan tantangan profesi public relations, hubungan internal perusahaan, tugas utama profesi public relations, tujuan public relations, opini publik, mengelola opini publik, pembentukan opini public, tantangan public relations, manajemen kris public relations, teknologi komunikasi public relations, media massa public relations, tanggungan jawab sosial public relations,

www.saveasbrand.com – Profesi Public Relations merupakan posisi yang sangat sentral dalam sebuah organisasi maupun perusahaan. Public Relations memegang peranan penting dalam menumbuhkan ikatan emosional yang baik dalam hubungan internal perusahaan antara atasan dengan bawahan. Anda juga perlu mengetahui bahwa Public Relations juga berperan dalam menanamkan rasa kepercayaan dan loyalitas antara organisasi dengan publiknya, baik publik internal dan publik eksternal.

Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang tugas utama seorang Public Relations, berikut ini penjelasannya :

  1. Menjadi Media Penyalur Informasi
    Anda sebagai seorang Public Relations, harus aktif dalam memberikan informasi Perusahaan kepada seluruh publik maupun stakeholder yang ada. Tujuan Public Relations sebagai media penyalur informasi adalah untuk mensinergikan hubungan timbal balik yang  saling menguntungkan serta membangun rasa saling pengertian melalui komunikasi yang efektif dan terarah.

    .
  2. Mengelola Opini Publik yang baik.
    Mengelola opini publik yang positif juga menjadi hal utama yang harus dikerjakan oleh Public Relations. Pengelolaan opini publik ini akan berpengaruh pada citra dan reputasi dari perusahaan Anda. Anda perlu memahami bahwa proses pembentukan opini publik yang baik, berawal dari kepercayaan publik terhadap Perusahaan Anda.

    .
  3. Menjadi Interpreter atau Penterjemah keinginan Publik.
    Anda sebagai seorang public relations harus dapat mendengar, melihat, dan merasakan apa yang terjadi dikalangan publik, setelah mereka menerima informasi tentang kebijakan-kebijakan perusahaan atau organisasi. Seorang public relations harus mampu menyeimbangkan antara kepentingan dengan perusahaan dengan kepentingan publiknya.

Tantangan Public Relations

Setelah mengetahui tugas utama profesi Public Relations Anda juga perlu mengetahui tantangan yang sering dihadapi oleh profesi public relations. Adapun tantangan-tantangan yang sering dihadapi oleh seorang Public Relations adalah sebagai berikut :

  1. Pertumbuhan Teknologi Komunikasi
    Tak bisa dipungkiri, pertumbuhan Teknologi Komunikasi yang semakin pesat, menjadi tantangan tersendiri bagi seorang Public Relations. Pertumbuhan Teknologi Komunikasi ini berdampak pada penyebaran informasi baru yang semakin cepat dan luas. Anda sebagai seorang Public Relations harus mampu beradaptasi sekaligus mengaplikasikan budaya baru berbasis digital dan virtual yang semakin lama semakin berkembang.

    .
  2. Pengaruh Media Massa
    Media Massa memiliki kemampuan untuk membangun citra di benak publik serta mampu membentuk pendapat dan persepsi mereka. Media melalui isi pesan melaksanakan strategi pembingkaian, yang menyoroti aspek-aspek tertentu dan mengabaikan aspek-aspek lain dalam memandang kenyataan. Dari sini, Anda sebagai Public Relations harus bisa mengimbangi berita-berita yang muncul ke permukaan publik dan memberikan counter berupa berita tandingan, apabila berita yang diberitakan oleh media telah menyudutkan dan merugikan Perusahaan Anda. Baca juga : Benarkah Public Relations Menyuap Media?

    .
  3. Tingkat Pendidikan, Kelas Sosial, Demografi dari khalayak yang berbeda-beda
    Keinginan publik yang semakin beragam, serta banyaknya permintaan-permintaan publik yang belum bisa dipenuhi oleh perusahaan, juga menjadi tantangan bagi seorang Public Relations. Public Relations harus mampu menyeragamkan informasi untuk publiknya, dengan memberikan edukasi, program-program PR, serta tanggung jawab sosial yang baik agar bisa mendapatkan kepercayaan dari publik.

Profesi Public Relations Merupakan Profesi yang Mulia, Karena Mereka Menjadi Penterjemah Antara Perusahaan Dengan Publiknya

Itulah penjelasan tentang tugas dan tantangan profesi Public Realtions. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan referensi tentang pentingnya profesi public relations dalam sebuah perusahaan. Semoga bermanfaat.



Reviews

  • 7
  • 9
  • 8
  • 7
  • 7
  • 7.6

    Score




2 thoughts on “Inilah Tugas dan Tantangan Profesi Public Relations

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *