Search
Friday 22 September 2017
  • :
  • :

Ketahuilah Peran dan Tugas Seorang Desainer



www.saveasbrand.com – Banyak orang yang berprofesi sebagai desainer. Tidak bisa dipungkiri bahwa profesi ini menjadi profesi yang populer bagi orang-orang di jaman modern seperti ini. Selain untuk menyalurkan hobi dan bakat, profesi desainer juga dilatar belakangi oleh cita rasa seni yang cukup tinggi. Banyak juga yang mengatakan bahwa pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar, mungkin inilah filosofi yang selalu ditanamkan di hati seorang Desainer.

desainer, profesi desainer, peran desainer solusi visual, ekspresi visual, unsur visual, karya desain, tugas penting seorang desainer, tugas utama membuat karya visual, senirupawan, komunikator, pesan verbal, elemen-elemen desain, peran dan tugas seorang desainer,

Setiap desainer pasti ingin menciptakan karya terbaik yang mampu memberi solusi visual bagi para kliennya. Karya desain yang dihasilkan oleh desainer merupakan perpaduan antara ekspresi visual (seni rupa) dan verbal (bahasa) yang bertujuan menginformasikan, membujuk, dan menjual suatu produk atau jasa. Unsur visual dan bahasa disatukan dalam bentuk sajian barang cetak yang menarik pembaca.

Profesi Seorang Desainer Dilatar belakangi Oleh Hobi dan Jiwa Seni yang Tinggi

 Jadi, secara umum ada dua tugas penting seorang desainer, yaitu : (1) Menyampaikan pesan atau informasi kepada audiens secara jelas. (2) Menciptakan desain yang menarik dan mengesankan sehingga informasi yang disampaikan dapat menimbulkan hasrat atau membujuk target audiens.

Desainer memiliki dua peran sekaligus, yakni sebagai senirupawan dan komunikator. Sebagai pekerja seni, ia berhubungan erat dengan masalah keindahan (estetika), seperti pemilihan warna, ilustrasi, tipografi, dan layout. Sementara itu sebagai komunikator, ia mempunyai tugas memvisualkan pesan-pesan verbal sejelas mungkin agar dapat ditangkap oleh audiens secara mudah dan menyenangkan.

Tujuan utama membuat karya visual tentu bukan semata-mata mengekspresikan seni sebagaimana seorang pelukis, melainkan menyampaikan pesan dan menciptakan sajian visual yang komunikatif dan mampu mengunggah hasrat (exciting). Dalam upaya menangkap perhatian dan membujuk audiens, desainer perlu menyusun teks, gambar, ilustrasi, foto, logo, slogan, dan unsur-unsur desain lainnya dalam satu desain yang komunikatif, estetis, dan harmonis.

Dengan demikian, seorang desainer perlu memahami elemen-elemen desain dan juga prinsip-prinsip desain sebagai fundamental. Lebih dari itu, desainer dituntut tanggap terhadap perkembangan sosial, terutama menyangkut gaya hidup berbagai segmen masyarakat yang sangat dinamis dan heterogen.




Inilah Tugas dan Kode Etik Seorang Desainer Grafis

Berikut ini merupakan rincian tugas seorang graphic designer, diantaranya adalah :

  1. Membuat desain yang sempurna dengan memasukan unsur seni, visual dan bahasa
  2. Menyampaikan pesan pemasaran jasa atau produk perusahaan, kepada audiens dengan cara yang unik dan kreatif
  3. Memposisikan diri sebagai pemberi solusi dalam masalah komunikasi dengan menciptakan karya visual yang komunikatif
  4. Menciptakan desain yang informatif dan persuasive agar bisa bisa menyentuh sisi psikis audiens untuk melihat, merasakan dan membeli produk yang diiklankan
  5. Selalu mengembangkan ide-ide kreatif dan memiliki inovasi baru dalam menciptakan karya desain yang sesuai dengan kebutuhan zaman.

Seorang desainer grafis, juga memiliki kode etik yang harus dipatuhi dalam menjalani profesionya. Adapun kode etik seorang desainer grafis adalah :

  1. Selalu mematuhi segala aturan dalam kode etik profesi desainer grafis
  2. Mempresentasikan gambaran yang tepat tentang kualifikasi dan pengalaman kerja yang dimilikinya kepada perusahaan
  3. Menjelaskan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional professional
  4. Mengerjakan tugas dan kewajibannya tanpa merugikan perusahaan atau yang bersifat melanggar hukum
  5. Bekerja sama dengan rekan seprofesi atau anggota yang terlibat dalam bidang tersebut agar bisa tercapai kepentingan bersama, terutama kepentingan perusahaan
  6. Mendiskusikan masalah-masalah yang saling berkaitan dan mencarikan solusinya dengan menerapkan ke dalam desain yang merupakan tugas seorang desainer grafis
  7. Selalu mencantumkan sumber, apabila mengambil bahan gambar atau mengutip karya dari orang lain

Baca juga : 5 Unsur Dalam Desain Grafis

Desainer Handal adalah Desainer yang Mampu Menciptakan Karya Terbaik dan Memberi Solusi Visual Bagi Para Kliennya

Itulah peran dan tugas seorang desainer yang perlu Anda ketahui. Sudah seharusnya kita bisa menghargai karya seorang desainer sebagai kekayaan intelektual yang berharga cukup tinggi.



Reviews

  • 9
  • 9
  • 9
  • 7
  • 8
  • 8.4

    Score




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *