Search
Monday 19 June 2017
  • :
  • :

Layani Pelanggan Anda Dengan Empat Hal Ini





Layani Pelanggan Anda Dengan Empat Hal Ini

www.saveasbrand.com – “Pelanggan adalah rakyat atau penduduk kerajaan. Dalam pemasaran, rakyat adalah pelanggan kita, dan pelanggan kita adalah raja, kita melayani demi kepuasan mereka. Setiap aspek pemasaran harus fokus pada pelanggan. Dia adalah hakim dan juri dari pemasaran Anda dan bisnis Anda”

Sasaran paling akhir dari pemasaran adalah menghasilkan produk dan jasa yang tidak hanya memuaskan kebutuhan pelanggan tetapi membuat mereka sangat senang, sehingga mereka bersedia untuk kembali dan membeli lagi. Pemasaran adalah mengenai seluk-beluk merebut hati pelanggan dan mempertahankannya. Gunakan pelanggan sebagai kompas untuk menentukan arah program pemasaran Anda. Umpan balik pelanggan menceritakan ke mana Anda harus melangkah.

Jadi mula-mula kita perlu memperhatikan prinsip “Hormati Pelanggan”. Untuk melayani pelanggan kita perlu : Mengetahui siapa mereka, mengetahui apa yang mereka inginkan, dan memberikan kepada mereka apa yang mereka butuhkan. Tidak setiap orang adalah pelanggan potensial. Keanekaragaman produk dan jasa kita menentukan orang seperti apa yang menjadi pelanggan kita.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam melayani pelanggan, diantaranya adalah :

  1. Pelanggan yang menjadi sasaran Anda
    Anda harus mengetahui lebih banyak mengenai apa kebutuhan pelanggan Anda daripada yang diketahui oleh pelanggan tersebut. Pelanggan sasaran Anda adalah pelanggan yang dapat Anda layani dengan baik, berdasarkan pada kekuatan perusahaan Anda. Ini adalah pelanggan yang mempedulikan apa yang dipedulikan oleh perusahaan Anda dan Anda mempedulikan mereka.

    .
  2. Mendefinisikan Bisnis Anda
    Mendefinisikan bisnis dengan baik membuat Anda dapat membedakan diri Anda sendiri dari pesaing. Anda akan berhasil merebut hati pelanggan dengan cara yang baru dan tidak biasa. Mengetahui bisnis apa yang Anda geluti adalah jalan yang dapat digunakan dalam jangka panjang, menggairahkan, digerakkan oleh konsumen untuk meyakinkan investor Anda mengenai hasil yang hebat atas investasi mereka.

    .
  3. Manfaat yang Anda tawarkan kepada pelanggan
    Pelanggan tidak benar-benar peduli apakah Anda menekuni bisnis tertentu. Mereka tidak seharusnya peduli. Fokus Anda adalah pada memberikan alasan kepada mereka untuk peduli mengenai apa yang ada di dalamnya bagi diri mereka. Tindakan membeli dimulai dengan kebutuhan pelanggan. Ketika pelanggan bertindak untuk memenuhi kebutuhan tersebut, mengapa dia harus memilih produk Anda.

    .
  4. Kecenderungan Pelanggan Memilih Produk dan Jasa Anda
    Tiba waktunya untuk memeriksa penetapan posisi secara mendalam. Apa sebenarnya perusahaan Anda? Kapan waktunya untuk menggali secara mendalam, kearah mana Anda menggali? Pelanggan merupakan kekuatan yang menggerakkan bisnis Anda. Pikirkan mengenai masalah pelanggan dan cara menyelesaikan masalah tersebut – lupakan masalah Anda.

Gunakan Pelanggan Sebagai Kompas Untuk Menentukan Arah Program Pemasaran Anda.

Itulah empat hal yang harus Anda pahami dalam melayani pelanggan Anda. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca.

 

Sumber : Sun Tzu. Strategi Untuk Pemasaran – 12 Prinsip Penting Untuk Memenangkan Perang Merebut Pelanggan. (Tangerang : Karisma Publishing Group. 2004) Hal. 16-21






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *