Search
Tuesday 20 June 2017
  • :
  • :

Mengenal Lebih Dalam Tentang Copywriting





copywriting, copywriter, copy iklan, penulis iklan, interpretasi copy iklan, tim kreatif periklanan, visualizer dan typographer, menyusun kata-kata untuk copy iklan, penulisan copywiting, penulisan pesan iklan dan kehumasan, karakteristik dasar penulisan copywriting, tanggung jawab seorang penulis. 

www.saveasbrand.com – Copywriting adalah seni penulisan pesan penjualan. Copywriting merupakan jenis kewiraniagaan (salesmanship) melalui tulisan untuk melakukan promosi, periklanan, maupun pemasaran. Copywriting juga sering disebut sebagai copy iklan. Copy iklan harus didukung oleh bentuk kreativitas lain seperti gambar, tipografi, dan mungkin juga warna. Namun, penulis iklan (copywriter) dalam menyusun pesan penjualan, harus berpikir secara visual dan mengarahkan bentuk-bentuk kreativitas tersebut guna meraih tujuannya.

Copywriter harus bekerja dengan erat bersama visualizer (juru gambar) dan typographer (ahli jenis huruf) guna menghasilkan interpretasi copy iklan yang artistik dan memenuhi kaidah tiporgrafis. Copywriter tidak akan berhasil dengan baik bila ia bekerja sendirian dan terisolir dari anggota tim kreatif yang lain. Ia tidak akan berhasil bila ia hanya sekedar menulis dan menyusun kata-kata untuk copy iklan, sementara anggota tim kreatif yang lain juga bekerja dalam terisolir guna menciptakan penampilan fisik iklan.

Desain atau lay out iklan yang dirancang anggota tim kreatif harus memberikan dukungan yang efektif terhadap penampilan kata-kata, ilustrasi harus memberikan tekanan dan dukungan, serta tipografi (pilihan jenis huruf, ukuran serta ketebalan huruf) harus menjadikan copy iklan terbaca dan memberi penekanan bilamana diperlukan. Copywriter harus selalu mencoba menyusun copy iklan dengan membayangkan penampakan iklan jadi dalam pikirannya.

Penulisan copywriting merupakan ketrampilan penulisan khusus dan memiliki gaya maupun teknik penulisan yang sama sekali berbeda dari gaya penulisan yang lain, seperti gaya penulisan buku, sajak, artikel, cerpen, ataupun laporan olahraga. Penulisan pesan iklan dan kehumasan, memiliki dua gaya penulisan yang juga berbeda. Bahkan copy untuk iklan cetak (press advertisement), surat penjualan, dan selembar literature penjualan masing-masing membutuhkan perlakuan yang khusus, walaupun tujuan ketiganya adalah menjual.

Berikut ini merupakan beberapa karakteristik dasar penulisan copywriting, diantaranya adalah :

  1. Copywriting yang ditulis itu harus bersifat menjual, meskipun iklan itu hanya bertujuan untuk mengingatkan saja.
    .
  2. Rahasia keberhasilan iklan adalah pengulangan (repetition), apakah pengulangan itu dengan memanfaatkan iklan secara kontinyu, ataupun dengan menerapkan pengulangan dalam tubuh copy iklan itu sendiri.
    .
  3. Orang tidak akan peduli untuk membaca copy iklan. Karena itu, pesan iklan harus memanfaatkan secara maksimal kata-kata dan menyampaikan pesannya dengan segera.
    .
  4. Jika pembaca merasa tidak familiar terhadap suatu kata yang asing. Perhatian pembaca terhadap iklan tersebut akan hilang. Karena itu, setiap kata yang digunakan harus mudah dipahami dan tidak ada kemungkinan untuk menimbulkan keraguan di benak pembaca.
    .
  5. Kata-kata singkat, kalimat-kalimat yang pendek, paragraph yang tidak terlalu panjang membantu menyampaikan pesan iklan serta memudahkan pembaca untuk memahami dan mengerti maksud copy iklan itu dengan cepat.

Baca juga : Ketahuilah Peran dan Tugas Seorang Desainer

Penulisan Copy iklan yang menarik, merupakan hasil dari proses kerjasama oleh tim kreatif Produksi Iklan

Seorang penulis tidak hanya menuliskan tentang perasaan dalam dirinya saja,, namun seorang penulis juga harus menuliskan tentang keadaan di sekitaknya, bahkan pekerjaan yang digelutinya, sebagai wujud tanggung jawab moral seorang penulis kepada pembaca.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *