Search
Tuesday 20 June 2017
  • :
  • :

Pentingnya Kreativitas dalam Merancang Pesan Iklan





pesan iklan, komunikasi periklanan, strategi merancang pesan, strategi kreatif, menciptakan ide periklanan, kreativitas dalam periklanan, konsep iklan, ide iklan penjualan, kampanye periklanan strategi periklanan, strategi promosi, pesan dalam periklanan, komunikasi penjualan, target sasaran, media pesan, elemen visual.

www.saveasbrand.com – Pesan menjadi bagian terpenting dalam periklanan. Keberhasilan suatu iklan ditentukan oleh kualitas pesan yang dikirimkan oleh komunikator (perusahaan) ke komunikan (konsumen). Pesan adalah seribu gambar tentang komunikasi periklanan. Pesan iklan harus mengandung informasi yang spesifik. Pesan iklan tersebut harus menarik perhatian dan mudah diingat. Pesan dirancang untuk dapat menarik perhatian audience dan melekatkannya  di benak audience.

Pesan iklan yang baik adalah pesan yang berkaitan dengan asosiasi indra (visual), konteks emosional (cinta, kebahagiaan, keadilan), asosiasi yang intens, kebutuhan untuk bertahan hidup, hal-hal yang memiliki keutamaan pribadi, hal-hal yang diulang-ulang, dan hal-hal yang pertama dan terakhir.

Strategi merancang pesan yang sukses membutuhkan pengembangan strategi keratif dan eksekusi strategi kreatif. Kreativitas adalah kemampuan menyajikan gagasan atau ide baru. Inovasi merupakan aplikasi gagasan atau ide baru tersebut. Menciptakan ide yang orisinil tidaklah mudah. Karena itu perlu adanya beberapa teknik menciptakan ide, yaitu penyesuaian, pembesaran, pengecilan, pembalikan, penggantian, perubahan, pengaturan kembali, dan perpaduan.

Kreativitas dalam periklanan akan membantu Anda dalam dalam memberi informasi, membujuk, mengingatkan, meningkatkan nilai, dan dapat meledakkan periklanan. Pembentukan pesan tentang produk pada prinsipnya manfaat utama yang ditawarkan merek sebagai pengembangan konsep produk. Pesan iklan harus dapat disampaikan secara kreatif, bahkan kreativitas ini lebih penting daripada jumlah uang yang dikeluarkan.

Bagian penting dari strategi kreatif adalah menentukan ide penjualan utama, yang akan menjadi pusat kampanye periklanan. Beberapa pendekatan menentukan ide penjualan utama antara lain menggunakan strategi generic, strategi premptive, strategi unique selling proposition, strategi menciptakan suatu brand image, strategi mencari inherent drama, in the brand, strategi resonansi, dan strategi positioning.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, dalam merancang pesan pada periklanan. Diantaranya adalah pesan, target sasaran, format, bentuk huruf, dan elemen visual lainnya. Berikut ini penjelasannya :

  • Pesan merupakan apa yang akan dikomunikasikan. Pesan dalam iklan harus bersifat spesifik  yang mengkomunikasikan titik penjualan, keunggulan produk, keunggulan pelayanan, bahan-bahan dari produk, dan sebagainya.
    .
  • Target sasaran adalah pembaca atau penonton yang dibidik dengan pesan tersebut secara langsung. Mendefinisikan target sasaran membantu Anda memahami siapa yang sedang Anda hadapi. Desainer harus mempertimbangkan referensi kolektif, cita rasa, dan pendapatan target sasaran.
    .
  • Format merupakan permukaan tempat kata dirancang yang merupakan media pesan anda. Bentuk kata merupakan bagian dari gaya atau bentuk masing-masing huruf secara individu dari Alfabet.
    .
  • Elemen visual dapat berupa foto, ilustrasi, grafik, dan elemen-elemen grafis lainnya.

Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Tentang Copywriting

Pesan Iklan Harus Dapat Disampaikan Secara kreatif, Bahkan Kreativitas Ini Lebih Penting Daripada Jumlah Uang yang Dikeluarkan






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *