Search
Thursday 16 November 2017
  • :
  • :

Strategi Korporasi Media yang Harus Anda Ketahui



strategi bisnis media, strategi korporasi media, strategi pemasaran melalui media iklan, strategi media dalam komunikasi bisnis, konten media periklanan, motif ekonomi bisnis media, model ekspansi bisnis media, komunikasi bisnis media, korporasi bisnis komunikasi media, public relations media,

www.saveasbrand.com – Untuk menganalisa sebuh industri bisnis, ada satu pendekatan yang lazim dilakukan oleh seorang analis bisnis. Yaitu dengan melihat runtutan tahap dari hulu ke hilir bagaimana sebuah bisnis itu dijalankan (Vertically). Strategi korporasi media merupakan pembahasan yang memandang media dari ekspansi dan strategi yang dilakukan media baik secara horizontal, diagonal, maupun vertical dalam industri bisnis media.

Diharapkan, dengan memilah masing-masing tahapan supply hingga sampai ke level yang paling bawah, akan dapat dianalisa lebih tajam. Strategi media dalam komunikasi bisnis harus dipahami dengan baik, agar proses pemasaran tersebut bisa dilihat dengan jelas, transparan dan tepat sasaran. Inti dari strategi korporasi media dalam menjalankan bisnis adalah bagaimana agar tetap terhubung dengan konsumen.

Secara garis besar ada tiga tahapan strategi bisnis media yang dilakukan oleh media :

strategi bisnis media, strategi korporasi media, strategi pemasaran melalui media iklan, strategi media dalam komunikasi bisnis, konten media periklanan, motif ekonomi bisnis media, model ekspansi bisnis media, komunikasi bisnis media, korporasi bisnis komunikasi media, public relations media, Production          : Yaitu kreasi dari konten media. (filmmakers, musisi, dan content provider)

Packaging          :  Yaitu mengemas bagaimana sebuah konten media dapat disajkan secara menarik             dan mendapat simpati masyarakat. (Penerbit, jaringan radio, dan jaringan televisi).

Distribution        : Yaitu bagaimana mengirim konten yang sudah diproduksi dan dikemas dengan baik melalui kanal-kanal media kepada audience.




Idealnya, ketiga tahapan strategi pemasaran melalui media ini saling terikat satu dengan yang lain. Sebuah konten media yang menarik tidak akan berarti bagi audience jika tidak terdistribusikan dengan baik, sebuah kemasan tayangan yang bagus, tidak akan bernilai keuntungan jika terhambat gangguan frekuensi, dan lain sebagainya. Ketergantungan atas ketiga tahapan inilah yang akan berdampak pada strategi bisnis media.

Motif ekonomi bisnis media, dengan sendirinya akan mengelompokkan persaingan media dalam tiga kelompok, yakni Perfect Competition, Oligopoly, dan Monopoli. Sebagian besar media selalu berambisi untuk menambah revenue mereka dengan cara apapun yang dipandang menguntungkan.

Maka, beberapa media (terutaman media broadcast) memutuskan untuk bersaing di lahan dimana faktor teknologi dan regulasi sangat berpengaruh pada bisnis mereka. Sebab, jika dua faktor ini berperan dominan, maka kemungkinan untuk dimainkan akan sangat besar. Tinggal bagaimana media cerdas dalam memainkan dua faktor tersebut. Sebagai contoh, keberadaan teknologi memberikan dampak efisiensi yang cukup besar bagi media.

Ada tiga strategi bisnis media, yakni Vertical, Horizontal, and Diagonal Expansion.

  1. Vertical Expansion
    Vertical Expansion adalah sebuah langkah media untuk bisa meraih keuntungan dengan melakukan penguatan jaringan dari hulu hilir, mulai dar iproduksi sampai pada tahapan konsumsi. Sehingga keuntungan yang dimungkinkan adalah tidak ada yang loss dari setiap tahapan yang dilakuan (production, packaging, and distribution).
  1. Horizontal Strategic
    Horizontal Strategic adalah bagaimana langkah media untuk memperbesar keuntungan mereka dengan melakukan ekspansi terhadap unit bisnis yang sama, misal akuisisi, merger, dan kerjasamadengan media lain.
  1. Diagonal Expansion
    Diagonal Expansion adalah merupakan strategi media untuk melakukan pengayaan pada institusi media mereka dengan cara apapun yang dipandang tepat, walaupun tidak in line dengan bisnis yang mereka jalankan. Seperti bekerja sama dengan provider telekomunikasi, dan partai politik, tujuannya adalah memperkaya media mereka.

Baca juga : Kajian Ekonomi Media dan Periklanan di Indonesia

Berikut adalah pemetaan kelebihan dan kekurangan dari ketiga model ekspansi bisnis media, diantaranya adalah :

strategi bisnis media, strategi korporasi media, strategi pemasaran melalui media iklan, strategi media dalam komunikasi bisnis, konten media periklanan, motif ekonomi bisnis media, model ekspansi bisnis media, komunikasi bisnis media, korporasi bisnis komunikasi media, public relations media,



Reviews

  • 7
  • 7
  • 7
  • 7
  • 8
  • 7.2

    Score




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *