Search
Sunday 29 May 2022
  • :
  • :

5 Cara Meningkatkan Komunikasi Kepemimpinan Dalam Perusahaan



Keterampilan komunikasi kepemimpinan merupakan salah satu hal yang harus kita pelajari agar kita mampu memberikan pengaruh positif kepada rekan kerja dan menularkan semangat dalam bekerja.

Seorang pemimpin perusahaan harus memiliki gaya komunikasi kepemimpinan yang tepat agar bisa membawa perusahaannya mencapai tujuan yang diinginkan.

Pemimpin adalah panutan bagi setiap orang yang dipimpinnya, alangkah lebih baik jika seorang pemimpin mampu berkomunikasi dengan baik, untuk memberikan arahan, instruksi, dan informasi tentang cita-cita yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Cara Meningkatkan Komunikasi Kepemimpinan Dalam Perusahaan

1. Berbicara dengan Jelas dan Yakin
Pastikan dan biasakan untuk berbicara sejelas dan seefektif mungkin baik itu kata maupun farasa yang akan diutarakan, agar audiens memahami pesan yang disampaikan.

2. Perhatikan Komunikasi Non Verbal
Perhatikan bahasa tubuh seperti mimik wajah, gerak tubuh, isyarat, dan sebagainya, apakah sesuai dengan tujuan yang ingin diharapkan. Dengan memperhatikan hal tersebut, maka dapat kita bisa tahu seberapa besar audiens percaya dengan yang pesan yang kita sampaikan.

3. Jadilah Panutan
Seorang rekan atau karyawan akan mengamati bagaimana seorang pemimpin mengkomunikasikan budaya atau keadaan sosial di dalam lembaga. Maka dari itu, penting bagi seorang pemimpin untuk mengambil berbagai macam keputusan atau berkomunikasi secara bijaksana.

4. Kembangkan Kecerdasan Emosional
Pelajari dan perhatikan serta kembangkan kecerdasan emosionalmu, seperti rasa empati, tenang, konsisten, disiplin, dan percaya diri. Hal ini penting untuk menampilkan kesadaran diri dalam bahasa tubuh yang tepat di depan rekan kerja.

5. Tumbuhkan Rasa Keakraban
Penting bagi seorang pemimpin untuk mengetahui kebutuhan rekan kerja atau anggota instansi. Tingkatkan rasa keakraban dengan menunjukkan rasa saling menghormati, mengajak untuk saling berpikiran terbuka, dan saling berpartisipasi dalam diskusi.

Lakukan Cara Meningkatkan Komunikasi Kepemimpinan Secara Konsisten

Jika kelima cara ini bisa diterapkan secara konsisten, maka kemampuan komunikasi kepemimpinanmu akan meningkat secara bertahap. Selalu mengevaluasi diri untuk mengetahui kelemahan serta kekurangan, dan mintalah saran dari berbagai pihak untuk pengembangan diri yang lebih baik.

Kesuksesan sebuah tim dalam perusahaan, ditentukan bagaimana seorang pemimpinan mampu memberdayakan anggota timnya, dan memberikan tugas serta peran bagi mereka sesuai keahliannya masing-masing, demi mencapai target yang diimpikan.



Reviews

  • 7
  • 8
  • 7
  • 7
  • 8
  • 7.4

    Score




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *