Search
Sunday 29 May 2022
  • :
  • :

5 Keuntungan Berbisnis Kuliner Dengan Konsep Food Truck



bisnis food truck,bisnis plan food truck,bisnis food court,modal usaha food truck,usaha food truck,konsep food truck unik,peluang usaha food truck,bisnis kuliner food truck,model bisnis food truck,keuntungan bisnis food truck

Bisnis kuliner dengan model food truck kini menjadi trend yang sedang berkembang di Indonesia. Selain fleksibel, bisnis kuliner model ini juga mampu menjangkau pasar yang lebih luas karena bisa berjualan produk secara berpindah-pindah.

Food truck adalah konsep bisnis yang menjual makanan atau minuman dengan mobil berukuran besar, yang terdapat dapur kecil untuk menyiapkan makanan. Konsep Food Truck ini sudah sangat populer di negara-negara barat seperti Amerika dan Eropa.

Bisnis kuliner model food truck dianggap sebagai strategi bisnis rintisan yang bisa dijalankan dengan modal terjangkau. Bisnis ini bisa menekan biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan dengan restoran, sehingga bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak dari hasil penjualan.

Selain itu, menjalankan bisnis food truck juga bisa menjadi sarana promosi yang efektif, karena kendaraan yang dipakai jualan bisa berkeliling kota menyampaikan pesan promosi kepada calon konsumen.

Keuntungan Bisnis Kuliner Food Truck

Berikut ini ada keuntungan dalam menjalankan bisnis kuliner model Food Truck

1. Modal Bisnis yang Terjangkau
Dengan beralih ke bisnis Food Truck, maka modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar, karena tidak menggunakan sewa tempat atau bangunan yang naik setiap tahunnya.

Kita hanya perlu membeli mobil box lalu memodifikasinya. Selain itu kita juga perlu membeli meja, kursi, peralatan dapur, peralatan minum, dan genset, sebagai kebutuhan operasionalnya.

2. Bisa Berpindah-pindah Tempat Jualan
Keuntungan bisnis kuliner dengan konsep food truck ini kita bisa berjualan dengan berpindah-pindah tempat. Kita bisa mengunjungi tempat yang ramai dan strategis, tentu cara ini bisa membuat produk kita cepat laku.

Selain itu, dengan berpindah-pindah tempat, kita bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan menemukan wilayah baru untuk berjualan produk kita, serta menambah jumlah konsumen yang membeli produk kita.

3. Sebagai Sarana Promosi yang Efektif
Kendaraan yang dipakai untuk jualan, tentu mengandung pesan-pesan promosi yang bisa dilihat oleh banyak orang ketika kendaraan sedang berjalan di jalan raya. Hal ini akan menambah informasi dan pengetahuan orang yang sebelumnya belum tahu tentang produk kita.

Cara ini hanya bisa dilakukan oleh bisnis kuliner dengan konsep Food Truck, karena restoran konvensional tidak bisa melakukan hal yang serupa. Untuk memperkuat promosi, lakukan juga promosi lewat sosial media agar banyak orang yang tahu di wilayah mana saja, mobil ini beroperasi.

4. Kegiatan Operasional Bisnis Menjadi Lebih Efektif dan Efisien
Kegiatan operasional menjadi lebih ringkas, simpel, dan efektif, karena perlengkapan dan bahan-bahan sudah ada di dalam satu truk. Kita bisa menghemat tenaga dan waktu, karena kegiatan ini bisa dilakukan sambil duduk atau berdiri di truck ini saja.

5. Mendapatkan Relasi Dengan Komunitas Food Truck
Saat ini terdapat komunitas Food Truck yang sudah ada di kota-kota besar di Indonesia. Dengan bergabung di komunitas ini, kita bisa mendapatkan info terbaru tentang Food Truck, Festival, Event, yang bisa membuat kita berjualan bersama-sama, sehingga suasanya menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Nah dengan memperhatikan keuntungan ini, apakah kamu berminat ingin berjualan kuliner dengan konsep Food Truck? Pastikan sudah dipikirkan matang-matang ya, agar bisnismu bisa terus berjalan dan berkembang.

 



Reviews

  • 7
  • 8
  • 8
  • 8
  • 9
  • 8

    Score




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *