Search
Saturday 31 October 2020
  • :
  • :

Apa Itu Cyber Public Relations? Ini Penjelasannya



 cyber public relations pdf,teori cyber public relations,pengertian cyber public relations,cyber public relations adalah,cyber public relation adalah,apa itu cyber public relations,belajar cyber public relations,contoh cyber public relations,contoh kasus cyber public relations,definisi cyber public relations,konsep cyber public relations,makalah cyber public relations,materi cyber public relations,manfaat cyber public relations,skripsi cyber public relations,strategi cyber public relations,cyber security public relations, saveasbrand.com. saveas brand, save as brand

Jika sebelumnya Anda pernah mendengar istilah Cyber Public Relations, namun belum paham pengertian dan manfaatnya, kini saveasbrand.com akan menyajikannya untuk Anda.

Ditinjau dari kata per kata, cyber adalah maya/online atau hal yang berhubungan dengan internet. Sedangkan Public Relations adalah hubungan masyarakat atau humas dari perusahaan maupun organisasi.

Jadi pengertian Cyber Public Relations secara umum adalah Hubungan masyarakat yang dilakukan dengan media online. Tujuannya adalah untuk membangun merek (brand), memelihara kepercayaan (trust), serta pemahaman citra perusahaan kepada public melalui komunikasi yang bersifat interaktif. 

Cyber Public Relations juga bisa diartikan sebagai cara kerja Humas secara online melalui media internet untuk menyampaikan informasi kepada khalayak agar lebih cepat sampai, tanpa ada batas ruang dan waktu serta bisa dilakukan di mana saja.

Inilah Prinsip Kerja Cyber Public Relations

Ada tiga prinsip dalam Cyber Public Relations, diantaranya adalah :

1. Internet telah mengubah praktik public relations dalam menggunakan media dan berinteraksi

2. Internet membuat terciptanya publik aktif yang ikut membentuk pemberitaan dalam media

3. Apakah yang telah dianggap baik dalam media konvensional, dominasi sedikit jaringan dan reporter/jurnalis telah berganti, karena informasi bisa diakses langsung oleh konsumen/khalayak

 

Kekuatan Cyber Public Relations

 

Ada enam kekuatan yang dimiliki oleh Cyber Public Relations dalam fungsi kerjanya di perusahaan maupun organisasi. Adapun kekuatan Cyber PR itu adalah :

1. Reach (jangkau)

Jangkaunnya lebih jauh, karena dengan internet humas dapat bekerja dan menyampaikana pesan dari mana saja, tanpa ada batas ruang dan waktu

2. Convergens (memusat/integrasi)

Humas bisa bekerja secara konvensional maupun lewat media online

3. Ease of Use (mudah digunakan) 

Mudah digunakan karena internet dapat di akses lewat beberapa media elektronik dan dapat di akes kapanpun

4. Speed (kecepatan) 

Kecepatan pesan maupun informasi lebih cepat di sampaikan kepada publik

5. Real Time ( seketika )

Dapat digunakan kapanpun dan langsung mendapatkan feed back saat itu juga

6. Compression & Streaming (Pemampatan & Mengalir )

Dengan cyber PR, seorang humas dapat bekerja lewat streaming ataupun dengan cara mengirim pesan seperti lewat email

Manfaat Cyber Public Relations

Ada enam manfaat yang diperoleh saat melakukan Cyber Public Relations, diantaranya adalah :

1. Real Time

Komunikasi dalam Cyber Public Relations bisa dilakukan dengan cepat dalam waktu yang singkat. Anda bisa membuat laporan langsung kejadian saat ini tanpa harus menunggu waktu untuk mempublikasikannya. 

2. Komunikasi Konstan

Inti dari komunikasi adalah konsistensi, melalui Cyber Public Relations Anda bisa melakukan komunikasi secara konstan dan terus menerus kepada publik Anda. Dalam hal ini komunikasi bisa dilakukan secara berkala. 

3. Interaktif

Dengan berkomunikasi menggunakan media online, itu akan memudahkan Anda untuk mendapatkan respon atau feed back langsung dari publik. Terjadi komunikasi dua arah yang saling berkesinambungan.

4. No Boundaries

Cyber PR akan terus terjadi selama masih ada jaringan internet. Jadi tidak ada halangan bagi Anda untuk mengabarkan informasi untuk publik secara langsung dan uptodate.

5. Multimedia

Keuntungan menggunakan Cyber PR adalah bisa berkomunikasi dengan berbagai media, bisa melalui email, chat, sosial media, maupun website resmi perusahaan.

6. Ekonomis

Dengan melakukan Cyber PR, Anda bisa menghemat pengeluaran dam memangkas anggaran, karena biayanya jauh lebih rendah daripada melakukan komunikasi dengan media konvensional.

Itulah pengertian, definisi, dan manfaat Cyber Public Relations yang perlu Anda ketahui. Semoga apa yang disampaikan dalam artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang telah membacanya. 

 Artikel ini bisa Anda jadikan referensi untuk pembuatan tugas kuliah, makalah, materi presentasi, maupun materi skripsi. Tulisan ini diambil dari segala sumber, baik melalui buku maupun situs website yang lain, serta proses editing oleh admin saveasbrand.com.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *