Search
Sunday 29 May 2022
  • :
  • :

Tips Membuat Video Promosi Untuk Menarik Perhatian Konsumen



cara membuat video promosi produk,cara membuat video promosi instagram,cara membuat video promosi di android,cara membuat video promosi yang menarik,cara membuat video promosi,tips membuat video menarik,cara buat video promosi produk,cara membuat video produk,tutorial membuat video promosi,cara membuat video iklan promosi,cara membuat video untuk promosi,cara membuat video animasi untuk promosi,tips membuat video

Membuat video promosi produk adalah bagian di era digital yang telah membawa kita pada perubahan komunikasi dan interaksi. Perkembangan teknologi yang semakin cepat juga berpengaruh pada pesan-pesan komunikasi yang kita sampaikan melalui media.

Saat ini video menjadi media paling populer untuk menyampaikan pesan komunikasi visual yang didalamnya penuh imajinasi dan kreatifitas. Video tidak hanya untuk hiburan, menyampaikan informasi, maupun dokumentasi, tapi video juga bisa digunakan untuk promosi produk-produk UMKM yang kita jual.

Video yang bagus adalah video yang mampu menyampaikan pesan penjualan secara efektif dan mendapatkan feed back atau umpan balik dari calon konsumen untuk melakukan pembelian.

Saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan platfrom berbagi video secara gratis, yang bisa digunakan untuk melakukan promosi penjualan sekaligus branding produk. Platform seperti Youtube, Instagram Facebook, Tiktok, bisa kamu maksimalkan untuk mengenalkan produkmu pada masyarakat luas.

Cara Membuat Video Promosi Produk yang Bagus

Nah bagaimana cara membuat video promosi yang bagus agar dapat menarik perhatian konsumen, berikut ini akan kami rangkumkan untuk kamu.

1. Buat Naskah Menarik Dengan Voice Over
Tambahkan catatan pada naskah mengenai konten yang ingin disampaikan dalam video.
Berikan juga voice over agar konsumen bisa menangkap pesan yang kamu sampaikan.

Naskah ini juga sangat penting untuk memandu videografer dalam menentukan take video produk, dan memilih bagian mana saja yang perlu dishoot agar urutannya rapi dan sistematis.

2. Pastikan Video Berdurasi Singkat
Buat sesingkat mungkin, namun tetap menyampaikan pesan dengan jelas dan informatif. Pastikan dengan durasi yang cukup, calon konsumen sudah bisa memahami produk yang kamu sampaikan melalui video tersebut.

Durasi video yang terlalu panjang akan membuat konsumen merasa bosan dan membuat video kamu akan diskip atau dilewati tanpa menghasilkan kesan bagi konsumen.

3. Atur Background yang Sesuai dan Cari Angle yang Tepat
Gunakanlah background yang sesuai agar produkmu terlihat menonjol dan menarik saat diputar pada video. Jika membutuhkan background warna, pilihlah warna putih atau warna soft agar produkmu terlihat lebih bersih dan profesional.

Setelah menentukan background, carilah angle yang tepat untuk mengambil video produkmu. Tonjolkan bagian-bagian yang menjadi keunggulan produkmu agar konsumen mengenali fitur produk yang kamu tawarkan.

4. Gunakan Kamera yang Mendukung Produksi Video Dengan Hasil Maksimal
Kamu bisa menggunakan Kamera DSLR, Mirrorles atau Kamera Hp. Apapun kameranya sebenarnya tidak menjadi masalah, karena kamera hanyalah alat bantu.

Yang menentukan kualitas videomu adalah cara kamu mengeksekusinya. Jika kamu mampu mengeksekusinya dengan maksimal, maka hasil video akan terlihat lebih profesional.

5. Edit Video Sesuai Kebutuhan
Usahakan untuk mengedit video sesuai dengan tema yang dibangun. Tambahkan musik yang pas agar videomu lebih berirama dan lebih hidup.

Kurangi filter dan efek yang dapat mengganggu tampilan video produkmu. Edit saja dengan teknik sederhana agar tidak merusak pesan visual yang akan disampaikan melalui video.

6. Beri Call to Action di Akhir Video
Beritahukan kepada konsumen dimana produkmu bisa dibeli oleh mereka. Jangan sampai membuat konsumen bingung karena mereka tidak tahu bagaimana cara membeli produkmu.

Cantumkan, no telpon, alamat, dan nama toko di marketplace untuk memudahkan mereka menghubungimu dan membeli produkmu. Jika ada yang menghubungi langsung balas atau respon mereka dengan cepat, tanggap, dan sopan.

Tips Membuat Video Produk Untuk Promosi di Youtube, Instagram, Tiktok, Facebook

Tips diatas adalah rekomendasi membuat video yang bagus untuk promosi produk. Tentunya konsep video dari setiap produk bisa berbeda-beda, tergantung bagaimana tema yang dibangun dan brief yang disepakati bersama.

Sebelum produksi video, diskusikan terlebih dahulu dengan tim kamu agar bisa menentukan tema yang tepat, dan menghasilkan video yang bagus, sehingga video tersebut akan membantu meningkatkan penjualan produkmu.

 



Reviews

  • 8
  • 9
  • 8
  • 8
  • 8
  • 8.2

    Score




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *